Diposting oleh : Ririn Novia Agriza 112080206 TI GAB04
Project Quality Management adalah proses yang dilakukan, untuk menjamin proyek dapat
memenuhi kebutuhan yang telah disepakati, melalui aturan-aturan mengenai
kualitas, prosedur ataupun guidelines. Merupakan semua aktivitas yang dilakukan oleh organisasi proyek
untuk memberikan jaminan tentang kabijakan kualitas, tujuan dan tanggung jawab
dari pelaksanaan proyek agar proyek dapat memenuhi kebutuhan yang sudah
disepakati.
Kualitas yang dimaksud disini biasanya
memiliki hubungan keterkaitan yang sangat erat dengan sejumlah standar
internasional, seperti contohnya ISO sebagai panduan sistem manajemen mutu
(misalnya dalam pembuatan aplikasi diperhatikan kaidah buku software engineering
yang memenuhi software quality assurance).
Kesepakatan ini dapat terukur melalui
parameter conformance to requirements (proses dan produk proyek memenuhi spesifikasi) dan fitness for use (produk dapat
digunakan sesuai maksud dan tujuannya). Proses ini berinteraksi satu
sama lain serta berinteraksi dengan proses di bidang pengetahuan
lain. Setiap proses dapat melibatkan usaha dari satu
atau lebih orang atau kelompok berdasarkan pada persyaratan proyek.
Project Quality Management terdiri dari
3 tahap, yaitu :
- Plan Quality
Proses
mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek yang sedang
dikerjakan dan menentukan bagaimana agar dapat memenuhi standar kualitas
tersebut.
- Quality Assurance
Menjalankan
apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan
semua proses yang dibutuhkan untuk memenuhi standar kualitas yang relevan.
- Quality Control
Memonitor
hasil-hasil proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi
kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati dan mengidentifikasi cara
untuk meningkatkan kualitas secara menyeluruh.
No comments:
Post a Comment